WeLLcoME To My BLogS.......

BLaa....BLaa....BLaa....BLaa....BLaa....BLaa....!!!!!!!!!!!!!!

Sabtu, 25 Desember 2010

Masa ekonomi Indonesia

SBY : Indonesia Jadi Kekuatan Ekonomi Dunia 2025

Presiden SBY. ANTARA/Nyoman Budhiana

TEMPO Interaktif, SURABAYA - Kuliah umum Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, hari ini, Selasa (14/12) banyak berisikan materi ekonomi ketimbang teknologi. Bertemakan "Teknologi, Ekonomi dan Masa Depan Indonesia", SBY mengungkapkan soal kemajuan Indonesia selama dia pimpin.

Misalnya, SBY mengutip hasil tulisan di sejumlah media asing dan hasil riset beberapa lembaga yang mengatakan kemajuan Indonesia paska kepemimpinan SBY. "Perkapita kita lima tahun lalu hanya Rp 1200 sekarang sudah meningkat menjadi Rp 3000. Kalau yang ini tidak dilarang tepuk tangan," kata Presiden SBY disambut tepuk tangan.

Tak hanya itu, Presiden juga mengutip beberapa analisis yang menyatakan perekonomian Indonesia terbukti sangat kokoh dan mampu menghindari terjangan krisis ekonomi.

Dalam kuliahnya ini, SBY memulainya dengan sebuah pertanyaan "Masa depan Indonesia seperti apa yang akan kita tuju ?". Jawabannya menurut SBY: "Pada 15 tahun yang akan datang paling lambat tahun 2025, saya yakin Indonesia akan menjadi "emerging economic".

Langkah ini akan terjadi dan sebelum abad 21 berakhir, SBY yakin Indonesia akan menjadi salah satu negera maju. "Meski masih 90 tahun lagi abad 21 selesai, tapi kita tidak harus menunggu selama itu, Indonesia akan menjadi negara maju," kata dia.

Kemajuan yang akan diraih, tidak hanya dibidang ekonomi, melainkan juga harus maju dibidang inovasi, hukum juga demokrasi. Kekuatan pertahanan dan diplomasi diakhir abad 21 dipastikan juga akan lebih maju lagi. "Tahap awal, 2025 kita akan jadi emerging ekonomi seperti cina," tambahnya.

Keyakinan ini, menurut dia karena Indonesia menganut sistem ekonomi tebuka, berkeadilan dan ramah terhadap lingkungan. Untuk menunjang hal ini, Presiden berharap ekonomi Indonesia bisa kuat, imbang, dan bisa dirasakan oleh masyarakat bawah.

Dengan kekuatan 237 juta jiwa penduduk, Indonesia kini tak akan lagi mengandalkan ekspor, cukup dengan memberdayakan kecintaan terhadap produk dalam negeri.

Sementara itu, selain memberikan kuliah umum, Presiden dalam acara itu juga menyempatkan diri membuka dua gedung baru ITS masing-masing gedung robotika dan gedung pusat energi ITS. Tak hanya itu, SBY juga berkesempatan melakukan teleconveren dan membuka Forum Inovasi Indonesia yang diadakan di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Selain dihadiri Presiden dan Ibu Negara Ani Yudhoyono, acara ini juga dihadiri beberapa menteri diantaranya Menteri Pendidikan M Nuh, Menteri Tenaga Kerja Muhaimin Iskandar, Menkominfo Tifatul Sembiring, Menpora Andi Malarangeng, serta Sekretaris Negara Sudi Silalahi. Setelah dari ITS, SBY hari ini dijadwalkan akan mengunjungi Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Swasta di Krian Sidoarjo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar